Selasa, 21 Juli 2015

Batang Dolphin Center (Mini Taman Safari Indonesia)



Batang Dolphin Center (Mini Taman Safari Indonesia)

Wisata baru di Jawa Tengah bagian barat


Pintu Masuk Batang Dolphin Center

Hooolaaaa! semuanya apa kabar? Kali ini aku akan cerita lagi nih tentang perjalananku, hehe. Tapi kali ini ada yang beda. Hmmm... apa ya kira-kira?

Hahaha jadi jalan-jalan kali ini temanya Happy Family. Yap, karena ini bertepatan dengan liburan lebaran, jadi mumpung di rumah nih sekali-kali lah liburan bareng keluarga jangan ama temen mulu kan? Hehe. Tapi sayangnya aku Cuma sama adik-adik aja nih, kedua ortuku gak bisa ikut.
Jadi di liburan kali ini aku memilih tempat yang dekat dengan rumah dan dengan tema keluarga. Ya, kali ini aku berkesempatan mengunjungi Batang Dolphin Center. Wah apa itu kak? Ya sesuai namanya lah ya itu tempat wisata dengan pertunjukan lumba-lumba yang ucul dan menggemaskan.

Batang Dolphin Center terletak di kawasan wisata Pantai Sigandu kabupaten Batang Jawa Tengah, kurang lebih 8 km sebelah timur Kota Pekalongan dan dari pusat kota Batang kurang lebih 8 km juga. Akses menuju kesana sangat mudah lho, bisa pake mobil pribadi maupun sepeda motor. Dari alun-alun Kabupaten Batang lurus saja ke arah timur, kemudian ikuti petunjuk arah dan baliho besar Batang Dolphin Center ke arah utara kurang lebih 2 km. Namun, sayang belum ada kendaraan umum yang menuju kesana. Jalanannya juga udah bagus kok. Kelihatan bangen kalo pemda Batang sangat mendukung pembangunan wisata yang bisa dibilang cukup baru.

Batang Dolphin Center ini merupakan wisata dibawah naungan, gampangnya cabangnya dari Taman Safari Indonesia. Loh berarti ada kebun binatangnya dong? Yap, bener banget disana udah ada kebun binatang tapi versi kecilnya dengan sebutan “Mini Safari”. Hal tersebut sangat baru di daerah pantura Jawa Tengah bagian barat yang masih sangat minim wisata. Kebanyakan warga Jateng bagian barat masih berwisata keluar jika ingin melihat beraneka ragam satwa di kebun binatang. Semoga pemda Batang akan terus mengembangkan wisata baru tersebut yang memang sangat dibutuhkan warga sekitar Jateng bagian barat untuk berwisata dan berlibur.
 
Mini Safari (mini kebun binatang)
Kawasan wisata ini memang masih sangat baru dan akan dikembangkan menjadi lebih besar lagi dan lebih lengkap. Misalnya, akan ada waterpark, kebun binatang yang lebih besar, themepark semacam mini dufan, dll. So, tunggu aja ya pembangunannya. Sebenernya menurut saya, kenapa wisata ini gak dibangun di wilayah Batang yang perbukitan aja, misal pantai Ujungnegoro, sehingga suasana lebih adem dan sejuk. Jadi kan pas banget untuk wisata kebun binatang seperti Taman Safari Indonesia di Bogor ataupun di Prigen.

Aktifitas yang bisa dilakukan:
  1. Mini Safari: Berjalan-jalan sambil mengenal satwa dari 5 benua. Walaupun masih baru tapi bisa dibilang cukup lengkap, tapi akan dikembangkan lagi. Jadi tunggu saja perkembangannya.
  2. Feeding Time
  3. Palka Reptil Aquarium
  4. Touching Pool
  5. Dolphins Show: Jam pertunjukkan: 11.00, 13.00, 15.00
  6. Swimming with Dolphins
  7. Various Animal Show: Pertunjukkan satwa lainnya digabung jadi satu saat Dolphin Show ya.
  8. Bird of Prey Show: Pertunjukkan satwa burung digabung jadi satu saat Dolphin Show ya.
  9. Photo with Animal: Kita bisa foto dengan berbagai satwa, kalo aku nyobain foto bareng lumba-lumba yang jadi artis utamanya. Biaya: Rp 45.000 foto langsung jadi dan bisa pake kamera sendiri (max. 5 orang) atau Rp 10.000/orang foto dengan kamera sendiri. Kalo satwa lain biayanya sekitar Rp 10.000 saja.
  10. Fun Zone: Nah di area ini kita bisa naik unta dengan biaya Rp 10.000 saja.
  11. Family Beach
  12. Resto, Cafe & Souvenir Shop

Biaya yang dikeluarkan:
  1. HTM pantai sigandu Rp 3.000/orang (Rp 5.000/orang saat high session holiday, mis: libur lebaran & natal tahun baru)
  2. HTM Batang Dolphin Center Rp 20.000/orang dan Rp 3.000 untuk parkir kendaraan (Rp 25.000/orang saat high session holiday, mis: libur lebaran & natal tahun baru)
Saran-saran:
  1. Lebih baik berkunjung di sore hari dengan menikmati Dolphin Show yang jam 15.00 karena cuaca cenderung lebih adem. Soalnya aku berkunjung kesana pas siang hari dengan sinar mentari yang sangat terik. Jadi aku gak bisa menikmati suasana pantainya, padahal kan udah bayar HTM pantai Sigandu, hehehe sayang kan.
  2. Bawalah bekal setidaknya minum. Tapi kalo mau beli disana juga oke sih, harganya masih wajar kok.
  3. Kalo mau main air di pantai bawalah pakaian ganti. (lebih baik pagi atau sore hari)
  4. Bawa uang dan kamera ya, hahaha.
Nih ada beberapa foto yang berhasil aku abadikan:

Arena pertunjukan lumba-lumba

Foto Bersama lumba-lumba setelah pertunjukan

Photobooth

Foto langsung jadi sebagai souvenir
Foto dengan Burung Merak yang berkeliaran bebas
 
Toko souvenir



Tidak ada komentar:

Posting Komentar